Daftar Makanan Khas Aceh Yang Populer Dan Terkenal

Makanan Khas - Salah satu makanan indonesia yang memiliki cita rasa yang enak dan juga sangat khas ini yaitu kuliner asli daerah aceh. Makanan tersebut sangat terkenal dengan bumbu yang sangat beragam. Sehingga kuliner ini sangat banyak peminatnya dan juga dapat membuat ketagihan setiap orang yang mencicinya. Sangkin terkenalnya makanan dari aceh untuk dapat menemukannya juga sangat gampang dan hampir setiap kota di indonesia bisa menemukannya. Untuk referensi anda yang belum tau apa saja makanan asli aceh yang terkenal, silahkan lihat daftarnya dibawah sebagai berikut.

Makanan Khas asli Daerah Aceh

Gulai Kambing
Gulai Kambing Aceh
Gulai Kambing Aceh
Gulai kambing memang utuk disetiap daerah tersedia kuliner yang satu ini. Hal yang membedakan gulai kambing asal yakni terletak pada bumbu yang digunakannya. Bumbu tersebut diantaranya terdapat rempah yang cukup lengkap dengan paduan kuah santan. Rasa yang dihasilkan gulai kambing asal aceh memang terbilang sangat gurih dan nikmat, pasalnya kuah dari gulai yang satu ini sangat kental yang nantinya dicampur dengan tumbukan cabe rawit dan jeruk nipis. Sedangkan untuk dagingnya menggunakan daging kambing yang sudah direbus dan dicincang.

Sate Matang
Sate Matang Aceh
Sate Matang Aceh
Selanjutnya untuk kuliner yang kedua yakni sate matang. Untuk dapat mencicipi makanan ini bisa anda dapatkan di daerah aceh dan mungkin untuk saat ini makanan asli daerah terseut juga sudah tersedia dibeberapa kota. Untuk kota aceh sendiri kuliner sate matang sangat populer dan juga banyak sekali pedagang yang menjualnya. Asal muasal nama sate matang yaitu berasal dari daerah Bireuen Aceh. Proses pembuatannya juga hampir sama dengan sate pada umumnya yakni dengan cara dibakar dan diberi bumbu kecap ataupun juga tersedia dengan bumbu saus kacang dan juga nantinya untuk penyajiannya disiram dengan kuah soto yang gurih hal ini lah yang membedakan sate asli aceh dengan sate daerah lain yang ada di indonesia.

Ayam Tangkap
Ayam Tangkap Aceh
Ayam Tangkap Aceh
Kuliner asli aceh lainnya yakni ayam tangkap, makanan tersebut yaitu menggunakan bahan utama ayam yang sudah dipotong-potong kemudian di masak dengan paduan cabe hijau, daun kari dan juga daun pandan. Bahan utama makanan ini menggunakan ayam kampung. Sedangkan untuk cita rasa yang dihasilkan sangat gurih dan memiliki bau yang sangat wangi sehingga kuliner ini sangat enak dan juga sangat menggugah selera untuk segera mencicipinya.

Nasi Gurih
Nasi Gurih Aceh
Nasi Gurih Aceh
Jika anda saat ini sedang berkunjung di aceh ataupun baru berencana untuk pergi ke daerah tersebut. Silahkan jangan sia-siakan kesempatan untuk menikmati makanan nasi gurih asli aceh. Pasalnya unuk cita rasa yang dihasilkan sangat enak dan berbeda dengan kuliner sejenis dari daerah lain. Proses pembuatannya dengan cara dimasak menggunakan santan kelapa yang nantinya juga dipadukan dengan rempah khas daerah tersebut. 

Mie Aceh
Mie Aceh
Mie Aceh
Sedangkan untuk kuliner mie aceh adalah makanan yang menjadi primadona dan sangat tekenal di daerah tersebut, bukan hanya itu saja mie aceh ini juga sudah tidak asing lagi dan bahkan sudah terdengar sampai internasional. Cita rasa mie aceh sangat unik dan enak tentunya, pasalnya bumbu yang digunakan menggunakan rempah khas aceh yang nantinya akan menggoyang lidah untuk setiap orang menikmatinya.


Mungkin itu saja yang bisa kami bahas tentang makanan khas aceh, sebetulnya masih banyak kuliner asli daerah tersebut yang belum ada didaftar makanan diatas mungkin lain wakt kami akan lengkapi dengan selengkap-lengkapnya. Semoga untuk anda yang sedang membutuhkan informasi yang satu ini bisa bermanfaat dan berguna.

Berlangganan Gratis

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan informasi terbaru dari daftarmakanankhas.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda