Daftar Makanan Khas Ambon Terpopuler dan Terkenal

Makanan Khas - Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi kuliner khas dari daerah ambon. Makanan daerah tersebut sangat terkenal dengan cita rasa yang enak dan tentunya sangat menggugah selera. Maka dari itu jika anda sedang berkunjung didaerah ambon tak lengkap jika rasanya tidak menikmati makanan khas daerah tersebut. Nah, jika anda saat ini belum tahu apa saja kuliner asli ambon yang sangat populer. Silahkan simak penjelasannya dibawah yang diantaranya sebagai berikut.

Ikan Komu Asar
Ikan Komu Asar Ambon
Ikan Komu Asar Ambon
Mungkin untuk orang yang bukan asli ambon belum tau apa arti nama makanan teseut. Sebenarnya kata asar dalam bahasa indonesia yaitu asap jadi kuliner ini bisa dibilang ikan yang diasap. Bahan utama yang digunakan yakni ikan jenis tongkol segar, cakalang, atau bisa juga menggunakan ikan tuna. Prosesnya sendiri dengan cara menusuk ikan tersebut denga babu dan nanti dipanggang diatas asap dengan kurang lebih waktu pengasapan sekitar satu jam.
Kohu-Kohu
Kohu - Kohu Ambon
Kohu - Kohu Ambon
Kuliner yang menyerupai salad ini terbilang sangat unik dan enak. Kohu-kohu yaitu makanan yang terdiri dari sayuran mentah seperti kacang panjang, mentimun, tauge dan juga terdapat daun kemangi. Proses pembuatannya yaitu dengan cara sayuran dipotong-potong dan dilanegkapi dengan paduan bumbu mentah seperti cabai, bawang merah, bawang putih, irisan ikan cakalang dan juga peraan jeruk nipis. Makanan ini terdapat perbedaan dengan daerah lain, pasalnya terdapat irisan cakalang.
Nasi Lapola
Nasi Lapola Ambon
Nasi Lapola Ambon
Kuliner yang terdiri dari campuran nasi dan kacang tolo dan bisa juga disebut kacang kedele merah adalah makanan favorit daerah tersebut pasalnya cita rasa yang dihasilkan sangat enak dan juga nikmat. Proses pembuatannya nasi lapola yaitu dengan cara memasak beras setengah matang dengan dicampurkan kacang tolo yang sudah direbus dengan sedikit diberi garam dan juga kelapa yang tentunya sudah diparut. Setelah itu campuran nasi tersebut diaduk sampai rata lalu dikukus sampai matang.
Roti Kering Kenari
Roti Kering Kenari Ambon
Roti Kering Kenari Ambon
Kuliner khas ambon lainnya yakni roti ering kenari, bentuk makanan ini seperti lembaran roti tawar yang nanti diatasnya terdapat kacang kenari maupun gula, cita rasanya terbilang gurih dan memberikan rasa nikmat ketika orang menikmatinya. Jika anda berkunjung dikota tersebut jangan tidak mencicipinya dan juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga yang ada dirumah. Proses pembuatannya yaitu dengan cara dipanggang.
Gogos
Gogos Ambon
Gogos Ambon
Makanan khas ambon ini yaitu makanan dengan bentuk seperti lemper yang ada dijawa, hal yang membedakan kuliner ini dengan lemper jawa adalah terletak pada bagian isi dimana gogos terdapat isi sewiran ikan. Untuk menikmati makanan ini sangat enak jika disantap dalam waktu masih hangat.
Sambal Colo-Colo
Sambal Colo - Colo Ambon
Sambal Colo - Colo Ambon
Mungkin untuk orang yang belum tahu kuliner ini, dengan mendengar namanya terbilang unik. Kuliner asli ambon tersebut sangat terkenal dengan rasa yang sangat pedas dan merupakan sambal faforit masyarakat ambon. Bahan yang digunakan untuk membuat sambal colo-colo yakni terbuat dengan bumbu cabai rawit, bawang merah, daun seledri, daun kemangi dan juga nantinya ditambah dengan irisan kenari mentah.
Rujak Natsepa
Rujak Natsepa Ambon
Rujak Natsepa Ambon
Rujak memang untuk masyarakat indonesia sudah tidak asing lagi. Tetapi apakah anda sudah perah mencicipi rujak asli ambon ini sob. Rujak Natsepa terbilang sangat banyak penggemarnya dan juga sangat populer di daerah ambon. Bahan yang digunakan untuk membuat rujak natsepa diantaranya buah segar seperti nanas, pepaya, mangga, belimbing, jambu dan bengkoang.


Itulah daftar makanan khas ambon yang bisa kami berikan, sebetulya masih banyak kuliner asli daerah tersebut yang belum kami bahas diatas. Jika anda berkunjung di daerah terseut sebaiknya luangkan waktu untuk menikmati kuliner asli kota ambon, pasti jika anda sudah mencicipinya akan sangat puas dalam hal rasa dan tentunya anda akan ketagihan. Semoga informasi ini dapat berguna bagi anda yang sedang membutuhkannya dan silahkan kunjungi laman yang sudah di sediakan untuk mengetahui makanan khas daerah lain yang sudah kami sediakan.

Berlangganan Gratis

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan informasi terbaru dari daftarmakanankhas.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda