Daftar Makanan Khas Banyumas Enak dan Lezat

Makanan Khas - Bukan hanya terkenal dengan wisatanya yang indah Banyumas terkenal juga cara bicaranya yang memilki logat ngapak tersebut. Daerah yang satu ini juga banyak memiliki makanan khas yang terbilang sangat enak dan memiliki ciri khas rasanya berbeda dengan tempat lain. Salah satu unggulan makanan khas tersebut yaitu mendoan, makanan asli banyumas yang terbuat dari bahan utama tempe ini memang sekarang banyak kita jumpai diberbagai daerah, tetapi untuk soal rasa pasti berbeda dengan mendoan asli dari derah tersebut.

Makanan Khas Asli Banyumas

Mendoan

Mendoan
Jadi jika anda sedang berwisata atau berpergian didaerah banyumas ataupun purwokerto, alangkah baiknya mencici kuliner asli daerah tersebut dahulu. Pastinya anda tidak akan menyesal setelah mencobanya. Selain mendoan, makanan khas banyumas juga terdapat banyak pilihan yang bisa anda coba, untuk itu silahkan simak penjelasan daftar makanan khas asli banyumas sebagai berikut yang wajib anda coba.
Soto Sokaraja
Soto Sokaraja
Untuk bisa mencicipi makanan yang satu ini sebaiknya anda jika di banyumas silahkan untuk datang didaerah sokaraja, pasalnya makanan tersebut sangat gampang kita jumpai didaerah tersebut walaupun untuk sekarang untuk mendapatkanya sudah banyak tersedia diberbagai pelosok penjuru yang ada di banyumas. 

Rasa yang dimiliki soto sokaraja ini terbilang sangat berbeda dengan soto daerah lain, dikarenakan soto tersebut sangat identik dengan bumbu kacang yang begitu kental. Untuk menikmatinya biasanya soto sokaraja tersedia berbagai macam yang diantaranya soto babat dan juga soto ayam. dari kedua macam tersebut tidak jauh berbeda untuk hal rasanya yakni keduanya sangat enak.
Nopia

Nopia
Sedangkan untuk makanan yang satu ini anda bisa dapatkan dengan mudah didaerah banyumas, hampir disetiap toko oleh-oleh pasti menyediakan kuliner yang satu ini. Rasa yang di dapatkan makanan Nopia memang tergolong enak dan legit, untuk cara pembuatannya yang terbilang unik sehingga membuat daya tarik tersendiri. Proses yang unik tersebut yaitu dlakukan dengan cara dipanggang dengan tunggu dan juga cuma ditempelkan dibagian dalam tungku tersebut.

Jika anda penasaran dengan cara pembuatannya, silahkan berkujung didaerah banyumas untuk secara langsung melihat proses pembuatan dari nol sampai selesai. bahan utama yang digunakan untuk Nopia yaitu tepung terigu dengan rasa yang cukup banyak pilihan diantaranya kacang,coklat serta gula jawa. Silahkan untuk memilih sesuai keinginan anda.
Getuk Sokaraja

Getuk Sokaraja

Sokaraja bukan hanya terkenal dengan sotonya, selain itu daerah ini juga memilki makanan khas lainnya yakni getuk goreng sokaraja. Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan kuliner yang satu ini bukan, pasalnya sekarang sudah banyak tersedia dari berbagai daerah yang ada di indonesia. Walaupun untuk rasa yang di miliki didaerah lain agak sedikit berbeda dengan getuk yang ada didaerah asli sokaraja banyumas. 

Silahkan coba buktikan sendiri dengan datang ke sokaraja banyumas untuk megetahui rasanya getuk yang ada didaerah lain dengan getuk dari sokaraja. Sedangakan untuk proses pembuatanya yaitu dengan cara mengkukus bahan utama seperti singkong, setelah itu singkong tersebut lumatkan dengan gula jawa dan juga campurkan tepung terigu dan tepung beras. Kemudian jika semua adonan sedah tercampur bentuklah seperti gambar diatas gorenglah hingga harum dan berubah warnanya.
Cimplung

Cimplung
Jika anda sedang berkunjung didaerah banyumas silahkan untuk menikmati makanan tersebut, Walaupun makanan tersebut sudah jarang kita jumpai didaerah kota, anda bisa mendapatkannya didaerah cilongok yang banyak para pengrajin gula jawa. Untuk rasa cimplung sendiri terbilang sangat manis dan juga legit. Untuk bahan yang digunakan untuk membuat cimplung yaitu singkong dan gula merah saja, proses pembuatanya juga terbilang gampang karena anda cuma merebus singkong tersebut dengan air gula jawa tersebut an tunggulah hingga matang.
Kripik

Kripik
Salah satu kuliner lainnya yang menjadi makanan khas dari daerah banyumas yaitu kripik. Mungkin pada dasarnya kripik banyak ditemukan diberbagai daerah tempat tinggal anda. Walaupun banyak kuliner kripik, tetapi jajanan kripik asli banyumas berbeda dengan kripik pada umumnya, pasalnya kripik tersebut terbuat dari tempe yang diiris tipis dan juga nantinya akan dilumuri tepung kemudian digoreng. rasa yang dihasilkan kripik tersebut sangatlah khas dan tentunya gurih hal membuat daya tarik kripik khas banyumas.


Mungkin itu saja daftar makanan khas dari daerah banyumas yang dapat kami berikan, sebenarnya masih banyak kuliner khas asli daerah banyumas yang belum saya sebutkan diatas. Mungkin untuk lebih lengkapnya nanti akan kami bahas dilain waktu. Sungguh tidak lengkap jika pergi ke daerah Banyumas tanpa menikmati kuliner asli daerah tersebut, jadi jika anda melewati daerah banyumas atau berwisata didaerah ini sebaiknya singgahlah terlebih dahulu untuk bersantai sambil menikmati makanan khasnya. 

Berlangganan Gratis

Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan informasi terbaru dari daftarmakanankhas.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda